im3 blog

im3 blog
Kerennnnnnn kannnnnnn

Im3 emg clalu top...............

Im3 emg clalu top...............
murahhhhh abizzzzzzzzz

Selasa, 11 Mei 2010

SEKOLAH-SEKOLAH YANG ADA DI KETAPANG , KALIMANTAN BARAT

SMK NEGERI 2 KETAPANG KALIMANTAN BARAT


Smart Behaviour Inovative

 

SMK Negeri 2 Ketapang merupakan Lembaga Pendidikan dan Latihan Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Dinas Pendidikan Nasional yang pendiriannya mengacu pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 291/O/1999, luas tanah 31,495 m2 (3,2 Ha), betempat dijalan Gatot Subroto, Paya Kumang, Ketapang, Kalimantan Barat, Indonesia. Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai Peran, Fungsi dan Tugas Pokok yang harus dilaksanakan yaitu :
  1. Penyelenggara Pendidikan Kejuruan.
  2. Menjadi Lembaga Pendidikan dan Latihan yang mampu memberikan Pelayanan dan Bimbingan kepada Peserta didik secara optimal.
  3. Melaksanakan Pendidikan dan Latihan dengan Pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Kurikulum Berbasis Produksi serta mengacu pada Standar Kompetensi Nasional.
  4. Mengembangkan SMK agar mampu melaksanakan Peran, Fungsi dan Tugas diatas sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Tuntutan Masyarakat.
SMK Negeri 2 Ketapang sebagai salah satu Sekolah Menengah Kejuruan, saat ini mengembangkan Program Keahlian : Teknik Mekanik Otomotif, Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan, Teknologi Hasil Petaninan, Nautika Perikanan Laut, Teknika Perikanan Laut, dan Budidaya Perikanan Air Payau.

Beberapa aktivitas yang telah dilaksanakan antara lain berupa :
  1. Menyelenggarakan Program Diklat sesuai dengan Kurikulum Edisi Tahun 2004 dan KTSP
  2. Melaksanakan Pendidikan dan Latihan dengan pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Berbasis Produksi
  3. Mengembangkan Bahan Ajar / Modul yang diperlukan dalam Kegiatan Pendidikan dan Latihan
  4. Meningkatkan Kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikkan
  5. Mengembangkan Unit Produksi.
SMK Negeri 2 Ketapang telah melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda. Dalam pelaksanaannya Sekolah melakukan kerja sama dengan DU/DI, Instansi terkait dan Masyarakat.
 
 
SMA PANGUDI LUHUR SANTO YOHANES
SEJARAH SMA PL SANTO YOHANES
Keputusan berdirinya SMA PL Santo Yohanes tepatnya tanggal 15 Mei 1982, dengan SK Yayasan Usaba Nomor B/067/Pend-3/5-82 yang ditandatangani Bapak Uskup Ketapang MGR Blasius Pujaraharja,Pr. Dalam kesempatan itu pula ditunjuk Drs. Br. Alfonsus Marzuki FIC sebagai kepala sekolah pertama. Meski secara hukum SMA Santo Yohanes bernaung di bawah YAYASAN USABA tetapi manajemen sepenuhnya dikelola Yayasan Pangudi Luhur. Sesuai dengan perkembangan situasi dan kondisi, pada tahun 2002 telah terjadi perubahan tentang pengelolaan SMA. Kini secara hukum dan manajemen, SMA Santo Yohanes dibawah Yayasan Pangudi Luhur berdasarkan Akta Notaris No. 44 tanggal 28 Agustus 2002. Meski pengelolaan dan badan hukumnya adalah Yayasan Pangudi Luhur, namun visi dan misi tetap dalam rangka pengembangan visi dan misi Keuskupan Ketapang.
Kepala sekolah yang berkarya di SMA PL Santo Yohanes
1. Drs. Br. Alfonsus Marjuki, FIC (1982-1988)
2. Drs. Dr. Herman Yosef Kuat, FIC(1988-1995)
3. Drs. Br. Heribertus Iriyanto Mulyono, FIC (Juni 1995-Des 1995)
4. Drs. Yulianus Gumpol (1995-sekarang)

PROFIL SMA PL SANTO YOHANES
1. Status SMA PL Santo Yohanes disamakan

2. Visi : Penguasaan ilmu pengetahuan dan penghayatan cinta kasih dalam terang iman kristiani.

3. Misi : Mendampingi kaum muda menuju perkembangan intelektualitas, integritas pribadi dan moralitas secara optimal dalam. terang iman sebagai bekal hidup berbangsa, bernegara, dan menggereja

4. Tujuan:
  • Mendampingi peserta didik agar berkembang optimal dalam bidang ilmu pengetahuan, integritas, pribadi dan moralitas.
  • Mendampingi anak didik sehingga siap, melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi maupun hidup di masyarakat
  • Membantu peserta didik menyadari eksistensi diri sebagai individu maupun bagian dan kelompok sosial bahwa mereka perlu mempersiapkan diri untuk masa depannya
  • Semboyan: Pro Scientia, Et Amor

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
SMA PL Santo Yohanes pada tahun pelajaran baru 2004-2005 akan melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dengan adanya kurikulum baru tersebut SMA PL Santo Yohanes telah mempersiapkan diri, yaitu dengan pengiriman tenaga guru untuk mengikuti penataran dan simulasi tentang KBK,mengikuti in service training KBK selaman satu minggu di tingkat Provinsi untuk semua guru, membuat silabus dan desain pembelajaran serta pembenahan fasilitas untuk pembelajaran yang mengacu mengembangkan kompetensi siswa. Sedangkan untuk mempersiapkan siswa dalam. menghadapi Ujian nasional, sekolah memberikan pelajaran tambahan wajib bagi semua siswa pada jam ke -8 dan pelajaran tambahan pada sore hari dari jam 15.30 s.d. 17.00. Disamping itu pula diadakan try out untuk menghadapi Ujian nasional. Sedang untuk kegiatan non- akademis diadakan pada sore hari (pukul 15.00 s/d 17.00).

SMA PL Santo Yohanes mempunyai program IPA dan IPS. Kelas I terdiri dan 7 kelas, kelas 2 terdiri dari 6 kelas dan kelas 3 IPA berjumlah I kelas, dan kelas 31PS berjumlah 5 kelas . Dengan total 19 kelas dan jumlah murid 840, maka SMA PL Santo Yohanes merupakan sekolah yang mempunyai siswa dan kelas terbanyak di Kabupaten Ketapang.

Untuk menunjang efektivitas belajar, SMA PL Santo Yohanes menyediakan sebuah perpustakaan, labolatorium, sarana olahraga, alat musik lab. Komputer ber-AC , ruang UKS dan lain-lain. Sementara itu kegiatan ekstrakulikuler diadakan untuk mengembangkan bakat anak antara lain: seni musik, seni Tari, Pramuka, Taekwondo, Sepak Bola, Bola Volley, Jurnalistik dan fotografi, Palang Merah Remaja, Paduan Suara, Latihan Drama, English Club, dan Kelompok Doa . Dan kegiatan -kegiatan tersebut telah banyak diperoleh piala atau penghargaan yang jumlahnya ratusan buah yang tersusun di ruang kepala sekolah,diantaranya :
  • Juara I lomba Cerdas Cermat dalam rangka dies natalis Umversitas terbuka,
  • Juara I ajang musik Pelajar se-Kalimantan Barat 2004 di Pontianak.
  • Juara III Lomba Busana Muslim yang diadakan oleh Madrasah Aliyah Negeri Ketapang Agustus 2000
  • Juara III tingkat Nasional antar SLTA seluruh Indonesia dalam lomba penulisan naskah pidato tahun 1996, di Jakarta.
  • Juara I Lomba sastra daerah Tahun 2004
  • Juara I Lomba Taekwondo 1998,1999 Kab. Ketapang
  • Juara perpustakaan terbaik tingkat Kalbar tahun 1997 dan tahun 2000
  • Juara I Poster lingkungan se-Kabupaten Ketapang 2004
  • Juara 11 lomba karya Ilmiah se-Kabupaten Ketapang 2003
  • Juara HI Lomba Komputer tingkat Provinsi Kalimantan Barat 2003

Dewan guru SMA PL Santo Yohanes hampir seluruhnya merupakan lulusan S1 dan perguruan tinggi di Jawa maupun Kalimantan Barat seperti: USD, UNY, UNTAN, Univ.Kat.Sugyapranata, Universitas Duta Wacana, UNES, dll. Dewan guru siap bekerja sama dengan berbagai pihak (Yayasan, orangtua murid, Komite Sekolah, instansi terkait) dalam mengembangkan potensi dan kompetensi siswa.


KERJASAMA DENGAN UNIVERSITAS
Untuk memberikan peluang yang lebih luas kepada para lulusan SMA St.Yohanes kuliah di Perguruan Tinggi, maka, sekolah menjalin kerjasama dalam proses penerimaan mahasiswa, baru. Kerjasama tersebut berupa, rekrutmen siswa, melalui
jalur tes maupun non tes. Sampai kini, SMA St. Yohanes telah menjalin kerjasama dengan:
1. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
2. Universitas Negeri Malang
3. Universitas Negeri Sudirman Purwokerto
4. Universitas Atmajaya, Yogyakarta
5. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
6. Universitas Soegijapranata Semarang
7. Universitas Satya Wacana Salatiga
8. UNKRIDA, Jakarta
9. STIE IBII, Jakarta
10. Universitas Duta Wacana, Yogyakarta
11. Universitas Bina Nusantara, Jakarta
12. Universitas Tanjung Pura Pontianak
13. Universitas Wangsa Manggala, Yogyakarta
14. Universitas Parayangan Bandung
15. Universitas Widya Mandala Surabaya
16. Universitas Merdeka, Malang
17. Inti College Kuching, Malaysia
18. Swine Burne College Kuala Lumpur
19. STPMD Yogyakarta
20. Universitas Negeri Mulawarman, Kaltim
21. Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
22. Akademi Santa Maria, Yogyakarta

PROSPEK LULUSAN
Di samping masih banyak yang sedang belajar di beberapa universitas di Jawa dan luar Jawa, telah banyak alumni SMA PL Santo Yohanes yang berhasil dalam hidupnya dan mengabdikan. diri pada bidang kedokteran, polisi, tentara, apoteker, paramedis, guru/dosen, pengusaha, media massa, politikus, birokrasi dan lain-lain.

INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU
  1. Pendaftaran siswa baru dimulai pada tgl.28 Juni s.d. 8 Juli 2004
  2. Siswa datang sendiri, kecuali siswa yang berasal dari pedalaman dapat mendaftar lewat kepala sekolah SMP yang ditunjuk secara resmi oleh SMA PL Santo Yohanes.
  3. Siswa menyerahkan rapor asli, tanda tamat belajar asli dan foto copy 4 lbr yang dilegalisir Kepala, Sekolah, 4 lbr pas photo ukuran 3x4, berkas dimasukkan dalam map wama hijau untuk calon siswa putri dan warna merah untuk calon siswa putra.
  4. Membayar uang pendaftaran Rp. 15.000
  5. Daya tampung 6 kelas, yaitu 240 siswa.


ALAMAT SEKOLAH
SMA Pangudi Luhur Santo Yohanes, Jalan S. Parman No. 3 Telp. (0534) 32864 Ketapang Kalimantan Barat.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar