im3 blog

im3 blog
Kerennnnnnn kannnnnnn

Im3 emg clalu top...............

Im3 emg clalu top...............
murahhhhh abizzzzzzzzz

Senin, 03 Mei 2010

MENYONGSONG VISIT KALBAR 2010

Menjual Keajaiban Alam Di Hutan Gambut




Ingat Ketapang, Kalbar benak turis luar negeri langsung pada Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) dengan habitat orangutan. Binatang dilindungi ini pun sudah dikenal seluruh dunia. Selain di TNGP yang wilayahnya meliputi Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, habitat orangutan justru ditemukan di kawasan gambut. Tak percaya, anda bisa buktikan sendiri dengan datang ke Ketapang, yakni kawasan gambut Desa Kuala Tolak, Kecamatan Matan Hilir Utara.
KEUNIKAN lahan gambut secara alami dapat dilihat pengunjung di tempat ini. Hamparan hutan gambut merupakan bagian kecil dari ribuan hektar lahan gambut yang ada di Ketapang. Gambut ini menghampar dari Desa Kuala Tolak-Tanjung Baik Budi-Sungai Putri-Sungai Awan-Ulak Medang-Tanjung Pasar-Pelang-Pematang Gadung-Sungai Besar. Sebagai benteng alam gambut tak hanya sebagai penyerap air, kawasan gambut merupakan habitat orangutan setelah Taman Nasional Gunung Palung (TNGP).

Kawasan gambut ini merupakan dataran rendah yang berhubungan dengan TNGP. Siklus kehidupan orangutan tak hanya berkeliaran di pegunungan. Dalam waktu tertentu, mamalia ini mencari makan di lembah yakni di kawasan gambut. Populasi orangutan di kawasan ini masih dalam penyelidikan. Jika di TNGP diperkirakan hanya tinggal sekitar 2.000-an ekor, maka diprediksi para orangutan inilah yang melakukan ”pengembaraan” di lahan gambut. Karena hamparan kehidupan di gunung dan lembah tak dapat dipisahkan satu sama lain.

Selain melihat kehidupan langsung orangutan di alam bebas, pengunjung bisa melihat sarang orangutan. Flora dan fauna di lahan basah pun bisa ditemukan di sini. Kawasan ini pun sangat cocok sebagai lokasi bird watching (pengamatan burung).

Lokasi hutan gambut di Desa Kuala Tolak berjarak sekitar 30 KM dari Kota Ketapang. Sebelum mencapai Kota Ketapang, turis bisa menggunakan pesawat dari Bandara Supadio Pontianak menuju lapangan terbang Rahadi Oesman, Ketapang. Perjalanan ditempuh sekitar 30 menit, dengan biaya sekitar Rp 500 ribu per orang. Selain menggunakan transportasi udara, mencapai Ketapang dari Kota Pontianak bisa ditempuh menggunakan kapal cepat dengan biaya sekitar Rp 200 ribu dengan perjalan sekitar enam jam.

Di Kota Ketapang, untuk mendapatkan penginapan tak terlalu sulit. Ada sejumlah hotel di pusat ibukota. Mulai dari Aston City, Hotel Perdana, Hotel Tanjung, Hotel Aorta, Hotel Anda, dan sejumlah penginapan lainnya. Demikian juga dengan jasa transportasi dan makanan, tak membuat pengunjung kesulitan mendapatkannya. Dari Kota Ketapang mencapai Desa Kuala Tolak perjalanan hanya ditempuh sekitar 30 Kilometer atau sekitar 30 menit.

Menuju lokasi wisata khusus ini harus menggunakan motor klotok dengan waktu sekitar tiga jam. Pemandu dan perahu motor itu bisa disewa seharga Rp 500 ribu, dan dapat dinaiki sekitar tujuh orang.

Di lahan basah inilah terdapat habitat aneka jenis flora dan fauna khas Kalimantan. Mulai dari Primata seperti orangutan, monyet dan buaya. Begitu juga flora seperti anggrek hitam, kayu ramin (gonystilus bancanus), kayu nyatoh (Palaquium spp), kayu punak empas atau Bengeris Kompassia (malaccensis), Punak (Tetramerista). Sejumlah pohon buah kayu rawa ini merupakan makanan bagi orangutan.

Kawasan ini juga bagian dari siklus hidup orangutan dari kawasan TNGP (Taman Nasional Gunung Palung). Hutan gambut Kuala Tolak ini bagian tak terpisahkan dari hamparan hutan gambut Ketapang seluas 70.000 hektar. Selain pernah diusulkan Forest Management Specialist Fauna Flora Indonesia (FFI) Program Ketapang, dijadikan kawasan konservasi agar bisa mencegah kerusakan hutan dan bisa menyelamatkan habitat orangutan (Pongo pygmaues wurmbii) yang saat ini populasinya sebanyak 500 - 900 ekor.

Seperti pernah disampaikan Isis Sabahudin, pada kawasan hutan menjadi habitat 118 jenis burung. Empat jenis diantaranya jenis burung endemik. Sementara satwa liar yang juga mudah dijumpai di sana adalah bekantan (Nasalis larvatus) dan lutung (Presbytis cristata).
Hamparan lahan gambut ini menjadi salah satu habitat hewan yang dilindungi seperti orangutan, buaya dan lain-lain. Habitat fauna yang dilindungi ini menjadikan lahan basah salah satu daya tarik khusus Ketapang di mata dunia internasional. Mulai dari pengamatan burung Asia Fasifik, bahkan turis asing datang ke Ketapang. Bahkan pemerintahan Jepang pernah mengirim jurnalisnya untuk mengupas keberadaan lahan basah seluas lebih kurang 70.000 hektar ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar